Tugas 1 tentang Perkoperasian



1.Uraikan secara singkat tentang jati diri koperasi, menurut pendapat Anda!
2. Prinsip koperasi yang bersifat tetap dan praktik perkoperasian bisa berbeda-beda antara negara satu dengan yang lainnya. Mengapa demilkian? jelaskan menurut pendapat Anda!
3.Bagaimana perkembangan koperasi di negara yang sedang berkembang dan mazab apa yang umumnya dianut koperasi? Bagaimana pelaksanaannya dalam praktik?

Jawaban

1.         Uraikan secara singkat tentang jati diri koperasi, menurut pendapat Anda!
Jawab : Jati diri koperasi tidak muncul dengan tiba-tiba, akan tetapi mengalami proses yang panjang secara berkesinambungan selama satu setengah abad. Bapak koperasi Indonesia, Bung Hatta menyatakan bahwa koperasi kuat karena cita-citanya dan cita-cita koperasi menjadi makin kuat karena praktek-prakteknya. Demikian pula dengan jati diri koperasi ini yang makin kaya dan utuh karena praktek-praktek perkoperasian selama ini dan koperasi makin kokoh karena jati dirinya. Karena jati dirinya koperasi menjadi berbeda dari badan usaha lain dan perbedaan itu harus diakui dan diterima. Jati diri Koperasi adalah kesatuan dari definisi, nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Secara berkala jati diri koperasi dikaji dan dirumus ulang oleh International Cooperative Alliance (ICA). Pada waktu ICA didirikan pada tahun 1895 di London prinsip-prinsip koperasi yang dianut adalah prinsip-prinsip koperasi Rochdale yang didirikan pada tahun 1844 sebagai koperasi konsumen oertama yang berhasil d dunia dan prinsip tersebut disempurnakan dalam kongres ICA di Paris tahun 1937, di Wina tahun 1966, dan Manchester tahun 1995. Perumusan jati diri koperasi oleh ICA di Manchester secara formal diberlakukan bagi seluruh koperasi seluruh dunia

2.         Prinsip koperasi yang bersifat tetap dan praktik perkoperasian bisa berbeda-beda antara negara satu dengan yang lainnya. Mengapa demilkian? jelaskan menurut pendapat Anda!
         Jawab : Karena dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa pada dasarnya, perkembangan konsep-konsep yang bersal dari Negara-negara berpaham sosialis, sedangkan konsep berkembang dinegara dunia ketiga merupakan perpaduan dari kedua konsep tersebut.

3.       Bagaimana perkembangan koperasi di negara yang sedang berkembang dan mazab apa yang umumnya dianut koperasi? Bagaimana pelaksanaannya dalam praktik?
Jawab : Konsep Koperasi Negara Berkembang Munkner hanya membedakan koperasi berdasar konsep barat dan konsep sosialis. Sementara itu didunia ketiga, walaupun masih mengacu pada kedua konsep tersebut, namun koperasinya sudah berkembang dengan ciri tersendiri,yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan. Adanya campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan koperasi di Indonesia membuatnya mirip dengan konsep sosialis. Perbedaanya adalah, tujuan koperasi dalam konsep sosialis adalah untuk merasionalkan factor produks dari kepemilikan kolektif, sedangkan koperasi di Negara berkembang seperti di Indonesia, tujuanya adalah meningkatkan kondisi social ekonomi anggotanya.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif