Gerakan koperasi di negara berkembang



  1. Uraikan secara singkat pengertian Koperasi sebagai Gerakan!
Jawab :  
    1. Keseluruhan organisasi koperasi serta kegiatannya baik sebagai perkumpulan (alat perjuangan) maupun sebagai organisasi ekonomi, yang pengejawantahannya termaksud dalam pasal 22, 23 dan 24 undang-undang ini. (Pasal 1 UU Nomor 14 Tahun 1965 Tentang Perkoperasian).
    2. Keseluruhan organisasi Koperasi dan kegiatan perkoperasian yang bersifat terpadu menuju tercapainya cita-cita bersama Koperasi. (Pasal 1 Angka 5 UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian).

  1. Mengapa Gerakan Koperasi perlu membentuk organisasi. Jelaskan mengapa demikian!
Jawab :  Gerakan Koperasi perlu membentuk organisasi  untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi’. Fungsi strategis wadah ini sebagai perjuangan kepentingan dan aspirasi koperasi. Peran ini nampaknya belum optimal dirasakan oleh segenap gerakan koperasi. Karena itu perlu dilakukan konsolidasi dan revitalisasi peran strategis lembaga ini untuk menggayomi kepentingan bersama gerakan koperasi.

  1. Di negara-negara sedang berkembang pada umumnya Gerakan Koperasi banyak tergantumg kepada pemerintah mengapa demikian? Jelaskan menurut pandangan Anda!
Jawab :   karena masyarakat dengan kemampuan sumber daya manusia dan modalnya terbatas dibiarkan untuk berinisiatif sendiri membentuk koperasi, maka koperasi tidak akan pernah tumbuh dan berkembang. Sehingga, pengembangan koperasi di negara berkembang seperti di Indonesia dengan top down approach pada awal pembangunannya dapat diterima, sepanjang polanya selalu disesuaikan dengan perkembangan pembangunan di negara tersebut. Penerapan pola top down harus diubah secara bertahap menjadi bottom up approach. Hal ini dimaksudkan agar rasa memiliki terhadap koperasi oleh anggota semakin tumbuh, sehingga para anggotanya akan secara sukarela berpartisipasi aktif. Apabila hal seperti tersebut dapat dikembangkan, maka koperasi yang benar-benar mengakar dari bawah akan tercipta, tumbuh, dan berkembang..

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif