Pola interaksi sosial yang ada dilingkungan



1.       berikanlah contoh mengenai pola interaksi sosial yang ada dilingkungan anda, uraikanlah mengenai makna dan simbol yang anda rasakan.
Jawab : Manusia memiliki keinginan untuk bergaul, dan dalam pergaulannya terdapat suatu hubungan saling mempengaruhi sehingga cenderung menimbulkan sikap saling membutuhkan. Terdapat beberapa perilaku yang berhubungan dengan interaksi sosial sebagai jalan untuk mencapai tujuan manusia sebagai makhluk sosial. Sebelum membahas tentang interaksi sosial, terlebih dahulu Anda harus mengenal tindakan sosial yang berasal dari tindakan setiap individu. Hal ini dapat memberikan corak terhadap tindakan sosial itu sendiri ataupun interaksi sosial yang terjadi. Tindakan sosial merupakan tindakan individu yang memiliki arti bagi dirinya yang diarahkan pada tindakan orang lain. Tindakan sosial yang dimulai dari tindakan individu-individu memiliki keunikan atau ciri tersendiri. Namun, sebagai makhluk sosial, tindakan manusia seunik apapun tidak terlepas dari pengaruh lingkungan sosialnya. Tindakan apapun yang kita lakukan bisa jadi mempengaruhi atau dipengaruhi oleh orang-orang yang berada di sekitar kita.
                      Contoh :  Seorang anak yang diisolasi dari manusia lain. Anak tersebut disekap dalam suatu ruangan tanpa dikenalkan dengan dunia luar, dan hanya diberi makan minum. Ternyata dalam waktu yang cukup lama, si anak tersebut tidak tahu cara untuk makan, berbicara, dan menyapa. Akibatnya anak tersebut tidak berperilaku seperti manusia. Lama kelamaan karena anak tersebut tidak mampu beradaptasi dalam mempertahankan hidupnya, anak tersebut kemudian meninggal.

2.       Mengapa di masyarakat terjadi perbedaan sosialisasi pada anakk perempuan dan anak laki-laki, , uraikanlah dengan memberikan contoh!
Jawab :  perbedaan laki-laki dan perempuan berhubungan dengan ajaran agama Islam yang mereka anut. Sejak masih kecil anak laki laki dan perempuan harus mulai dibedakan dalam pembelajarannya, anak laki laki harus diajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan peran laki laki, seperti dimulai dari pemberian  mainan yang berupa senjata, mobil mobilan, main bola dan sejenisnya, agar anak anak tersebut terbiasa dengan kehidupan yang bakal dialami besuknya, yaitu dunia luar rumah yang keras. Disamping itu, anak laki laki juga harus diajari untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh ayah, seperti membetulkan kompor kalau rusak, membetulkan genteng yang bocor, membetulkan peralatan listrik atau peralatan rumah tangga lainnya.  Orang tua akan malu jika anhttp://ita6205.blogspot.comak laki lakinya terkesan lemah lembut seperti perempuan, itulah sebabnya anak laki laki sejak masih kecil harus diajari menjadi orang yang secara fisik maupun psikis yang kuat. Karena anak laki laki suatu saat harus menjadi suami, maka harus dapat memimpin istri dan anak anaknya. Oleh karena itu anak laki laki juga harus  sekolah setinggi mungkin agar pandai kemudian mudah untuk mendapat pekerjaan yang layak. Menurut mereka dengan pekerjaan yang layak atau cukup memadai maka ia akan dapat menghidupi serta lebih terhormat atau disegani oleh istri dan anak anaknya. Untuk itulah anak laki laki lebih banyak diberi kekebasan untuk keluar rumah pada siang maupun malam hari, baik berhubungan dengan kegiatan sekolah ataupun untuk kegiatan sosial.
         Contoh : gender sebagai sifat yang melekat pada laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksi secara sosial dan budaya, misalnya jika dikatakan bahwa seorang laki-laki itu lebih kuat, gagah, keras, disiplin, lebih pintar, lebih cocok untuk bekerja di luar rumah dan  bahwa seorang perempuan itu lemah lembut, keibuan, halus, cantik, lebih cocok untuk bekerja di dalam rumah (mengurus anak, memasak dan membersihkan rumah) maka itulah gender dan itu bukanlah kodrat karena itu dibentuk oleh manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif