Tugas Kuliah



1.Kehidupan berkoperasi sebenarnya sudah berakar lama sebelum pendirian Koperasi Rochdale. Buktikan pernyataan tersebut menurut pendapat Anda!

Jawab : menurut pendapat saya koperasi adalah institusi (lembaga) yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional dan kerjasama antar individu, yang pernah berkembang sejak awal sejarah manusia sampai pada awal Revolusi Industri, yaitu di Eropa pada pertengahan abad ke-18 dan awal abad ke-19. Lembaga ini sering disebut sebagai Koperasi Historis atau Koperasi Pra-Industri. Penerapan sistem kapitalis di eropa membuat buruh merasa tertindas dan untuk membebaskan penderitaan mereka bersepakat untuk membentuk koperasi. Pada awalnya pertumbuhan koperasi memang tidak dapat dipisahkan dengan gerakan sosialis, hal ini disebabkan kuatnya pengaruh pemikiran sosialis dalam perkembangan koperasi.

Contoh : Pada zaman kerajaan Babilonia kuno, pada masa pemerintahan raja Hamurabi (2067-2025 sM) sudah terdapat praktik-praktik koperasi. Pada tahun 3000 hingga sekitar 325 SM di Yunani Kuno juga telah berkembang sistem koperasi, khususnya dalam bentuk perkumpulan jasa penguburan. Pada tahun 200 SM masa Dinasti Hong, di Cina berkembang sistem koperasi simpan pinjam dalam bentuk perkumpulan-perkumpulan yang jumlah anggotanya terbatas (kecil). dizaman pertengahan (500-1400) di kerajaan Romawi juga berkembang sistem koperasi dalam bentuk gilde (semacam serikat pekerja), yaitu perkumpulan para perajin yang selain bertujuan untuk memperkuat posisi anggotanya, juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya
2. Uraikan , mengapa selama ini hasil-hasil pembangunan koperasi dianggap masih jauh dari harapan ?
Jawab : karean dampak koperasi terhadap pembangunan yang sangat kurang karena ia tidak banyak memberikan sumbangan dalam mengatasi kemiskinan dan dalam mengubah stuktur kekuasaan sosial politik setempat bagi kepentingan golongan masyarakat yang miskin.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif