Tugas KEBIJAKAN PUBLIK



Tugas 1
Pada saat terjadi terjadi bencana; misalnya banjir, tanah longsor, gempa bumi dan sebagainya, pemerintah baik pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk melakukan suatu tindakan; mulai dari merumuskan kebijakan, membuat program kegiatan, strategi pelaksanaan kegiatan serta melakukan evaluasi kegiatan?
Tugas Anda untuk memberikan argumen tentang hal tersebut dengan menggunakan konsep pengertian dan ruang lingkup kebijakan publik, bila perlu sertakan contohnya !

Jawab : Konsep pengertian dan ruang lingkup kebijakan publik adalah merupakan semacam jawaban terhadap mutu masalah karena merupakan upaya memecahkan, mengurangi dan mencegah suatu keburukan serta sebaliknya menjadi penganjur inovasi dan pemuka terjadinya kebaikan dengan cara terbaik dan tindakan terarah. Menurut N.Dunn menyatakan bahwa kebijakan publik (public policy) adalah pola ketergantungan yang komplek dan pilihan-pilihan kolektif yang saling tergantung, termasuk keputusan-keputusan untuk bertindak yang dibuat oleh badan atau kantor pemeritah .
Contohnya : kebijakan kesempatan kerjaan
              Kebijakan yang bertujuan menciptakan pekerjaan sehingga mengurangi pengangguran. Tidak langsung , merangsang permintaan agregat dalam perekonomian . langsung rencana-rencana penciptaan lapangan kerja serta program palatihan.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif