contoh organisasi publik yang menerapkan sistem manajemen logistik



Tugas 1 Manaj.Logistik Organisasi Publik

1.      Berikan contoh organisasi publik yang menerapkan sistem manajemen logistik, dan jelaskan kegiatan-kegiatan apa saja yang mereka lakukan untuk mengelolah logistiknya ?
2.      Jelaskan pentingnya manajemen logistik dalam organisasi publik ?

Jawaban

1.      Contoh organisasi publik yang menerapkan sistem manajemen logistik adalah Perusahaan di bidang telekomunikasi  
kegiatan-kegiatan apa saja yang mereka lakukan untuk mengelolah logistiknya antara lain :
  1. Perencanaan
Perencanaan merupakan kegiatan pemikiran, penelitian, perhitungan, dan perumusan tindakan-tindakan yang kan dilakukan di masa yang akan dating, baik berkaitan dengan kegiatan-kegiatan operasional dalam pengadaan logistik, penggunaan logistik, pengorganisasian, maupun penegendalian logistik.

  1. Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan kegiatan merancang dan merumuskan struktur formal dalam upaya pengelolaan logistik dengan melakukan kegiatan mengelompokkan, mengatur, dan membagi aktivitas/ tugas sekaligus wewenang kepada setiap unit kerja.

  1. Pengawasan
Pengawasan merupakan setiap upaya untuk menjaga pelaksanaan setiap tindakan dan kegiatan dalam pengadaan logistik sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, baik berkaitan dengan pemakaian/penggunaan logistik, proses maupun hasil pengaadaan logistik.

  1. Pencatatan/Inventarisasi
Merupakan kegiatan untuk menyediakan data atas semua logistik yang dimiliki, baik sebagai hasil usaha pembuatan sendiri, pembelian, hadiah maupun hibah.

  1. Penyimpanan atau Penggudangan
Merupakan kegiatan pengurusan logistik, baik yang bersifat administratif maupun operasional berkaitan dengan perumusan maupun pelaksanaan tata kerja, tata ruang, tata usaha maupun pengaturan barang di tempat penyimpanan/gudang.


  1. Pendistribusian
Merupakan kegiatan pengelolaan logistik berkaitan dengan pembagian dan penyampaian logistik kepada satuan unit perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan sistem kerja yang telah ditetapkan.

  1. Pemeliharaan
Merupakan kegiatan pengelolaan logistik berkaitan dengan upaya mempertahankan kondisi teknis, daya guna dan daya hasil logistik serta menjamin jangka waktu pemakaian barang mencapai batas waktu optimal.

  1. Penghapusan
Merupakan kegiatan pembebasan logistik dari pertanggungjawaban yang berlaku, baik secara fisik maupun administratif karena logistik tersebut sudah dinilai sudah tidak berdaya guna maupun tidak bernilai guna lagi.

2.      Pentingnya manajemen logistik dalam organisasi publik adalah untuk mengetahui proses bahwa suatu perusahaan terlibat dan master mereka untuk output produksi yang lebih efesien, dan sebagai komponen penting untuk mencapai tujuan bisnis dan sebagai gerakan yang teroganisir . untuk mempertimbagkan lima unsur atau fungsi  logistis betapa pentingnya mereka bagi perusahaan yaitu :
  1. Persediaan
  2. Pengangkutan
  3. Fasilitas
  4. Layanan
  5. Manajemen dan administrasi

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif