tata cara melayani pelanggan dalam logistik pemerintah sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan



Jelaskan tata cara melayani pelanggan dalam logistik pemerintah yang Saudara/i ketahui sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan. Berikan contohnya!
Selamat berdiskusi! salam.

Jawab :   Logistik dapat difenisikan sebagai proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para supplier diantara fasilitas-fasilitas organisasi dan kepada para pelanggan (Donald J. Bowersox, 2002). Tujuan logistik adalah menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat pada waktu dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi  yang dibutuhkan dan dengan total biaya yang terendah. Sistem logistik Indonesia belum menunjukkan kinerja yang baik. Logistics Performance Index (LPI) Bank Dunia tahun 2009 menempatkan Indonesia pada posisi ke-75 dari 150 negara yang disurvei, berada di bawah Malaysia (29) dan Thailand (35). Bahkan, LPI Indonesia di bawah Vietnam yang berada di posisi ke-53
Kelancaran logistik menentukan efektivitas penyelamatan dan rehabilitasi. Kegiatan logistik telah menjadi kegiatan rutin yang sering diremehkan. Seakan-akan kegiatan logistik dapat dilakukan tanpa keahlian tertentu yang penting permintaan ada dan perintah pengadaan diberikan maka urusan logistik akan beres dengan sendirinya. Urusan penciptaan permintaan dan pemenuhan permintaan adalah dua hal yang berbeda. Perhatian terhadap logistik menjadi begitu tinggi tatkala terjadi krisis pangan, barang kosong di toko, kelangkaan bahan bakar minyak (BBM), atau ketidaktersediaan bahan baku di dalam negeri. Pemborosan menjadi akibat langsung dari salah kelola logistik.
Contoh :  kelangkaan BBM membuat para pengguna harus antri berjam-jam dan para pebisnis kehilangan produksi. Krisis logistik pangan tentunya lebih parah lagi sampai dapat mengakibatkan kelaparan massal dan kematian.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif