tata cara melayani pelanggan dalam logistik pemerintah sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan
Jelaskan tata cara melayani pelanggan dalam logistik
pemerintah yang Saudara/i ketahui sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan.
Berikan contohnya!
Selamat berdiskusi! salam.
Selamat berdiskusi! salam.
Jawab : Logistik dapat difenisikan sebagai proses pengelolaan
yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan
barang jadi dari para supplier diantara fasilitas-fasilitas organisasi dan
kepada para pelanggan (Donald J. Bowersox, 2002). Tujuan logistik adalah
menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat
pada waktu dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi yang
dibutuhkan dan dengan total biaya yang terendah. Sistem logistik Indonesia
belum menunjukkan kinerja yang baik. Logistics Performance Index (LPI) Bank
Dunia tahun 2009 menempatkan Indonesia pada posisi ke-75 dari 150 negara yang
disurvei, berada di bawah Malaysia (29) dan Thailand (35). Bahkan, LPI
Indonesia di bawah Vietnam yang berada di posisi ke-53
Kelancaran
logistik menentukan efektivitas penyelamatan dan rehabilitasi. Kegiatan
logistik telah menjadi kegiatan rutin yang sering diremehkan. Seakan-akan
kegiatan logistik dapat dilakukan tanpa keahlian tertentu yang penting
permintaan ada dan perintah pengadaan diberikan maka urusan logistik akan beres
dengan sendirinya. Urusan penciptaan permintaan dan pemenuhan permintaan adalah
dua hal yang berbeda. Perhatian terhadap logistik menjadi begitu tinggi tatkala
terjadi krisis pangan, barang kosong di toko, kelangkaan bahan bakar minyak
(BBM), atau ketidaktersediaan bahan baku di dalam negeri. Pemborosan menjadi
akibat langsung dari salah kelola logistik.
Contoh : kelangkaan BBM membuat para pengguna harus
antri berjam-jam dan para pebisnis kehilangan produksi. Krisis logistik pangan
tentunya lebih parah lagi sampai dapat mengakibatkan kelaparan massal dan
kematian.
Comments
Post a Comment