Manajemen Pelayanan Umum
Birokrasi seringkali dipandang tidak
memudahkan pelayanan umum. Istilah yang penuh sinisme "kalau bisa
dipersulit, mengapa dipermudah" seolah sudah menjadi ciri birokrasi kita.
Mengapa kondisi ini mewarnai birokrasi kita: karena banyak faktor menyebabkan
hal tersebut terjadi diantaranya :
1. Faktor
psikologi masyarakat Indonesia adalah faktor melayani bukan faktor dilayani
2. Faktor budaya yang ada di Indonesia adalah faktor budaya pemalas
3. faktor
gaji para birokrat terlalu kecil sehingga mereka menghalalkan berbagai cara
untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka
Beberapa
langkah yang harus diambil oleh pihak pemerintah adalah mengambil langkah
strategis untuk dapat mengefektifkan kembali pelayanan yang ideal dengan
mengambil langkah :
1. Sederhana,
mengandung arti prosedur/tata cara pelayanan diselenggarakan secara
mudah,cepat, tidak berbelit-belit.
2.
Efektif, lebih mengutamakan pada
pencapaian apa yang menjadi tujuan dan sasaran dari visi-misi kepala daerah.
3.
Kejelasan dan kepastian, mengenai tata
cara, rincian biaya layanan dan tata cara pembayaran serta jadwal waktu
penyelesaian layanan tersebut.
4.
Keterbukaan, masyarakat bisa mengetahui
seluruh informasi yang mereka butuhkan secara mudah dan gamblang meliputi
informasi mengenai tata cara, persyaratan, waktu penyelesaian dan lain-lain.
5.
Efisien, persyaratan pelayanan hanya
dibatasi pada hal-hal yang berkaitan langsung dengan tetap memperhatikan keterpaduan
antara persyaratan dan produk pelayanan.
6. Pelatihan
secara khusus kepada birokrat yang menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik.
Sehingga tidak lagi terjadi keluhan dari masyarakat terhadap instansi yang
melaksanakan pelayanan publik, dan nantinya terwujud suatu tatanan
pemerintahan yang baik dalam proses pencapaian tujuan dari birokrasi dalam hal
pelayanan yang efektif dan efesien baik pusat maupun daerah. Ini adalah sedikit
curahan untuk Pemerintah Kabupaten Nunukan agar bisa menjadi lebih baik dan
maju dalam hal pelayanan publik.
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete