LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN DESAIN ORGANISASI (TO)



langkah-langkah Pengembangan Organisasi dan Desain Organisasi (TO) pada konteks restrukturisasi organisasi Pemerintah Bangka ?
jawab :
PROSES PENGEMBANGAN ORGANISASI :
  1. Diagnosis Organisasional
  2. Intervensi
  3. Evaluasi
  4. Maintenance
       Untuk mengatasi masalah yang terjadi di Kabupaten Bangka tersebut dilakukan dengan pendekatan Pengembangan Organisasi melalui langkah-langkah sebagai berikut :
1. Tahap diagnosis, dengan melakukan penelitian secara mendalam tentang permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Bangka
2. Tahap Intervensi, dengan melakukan treatment/mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan metode tertentu sehingga masalah dapat diatasi
3. Tahap evaluasi, dengan melakukan evaluasi terhadap hasil intervensi, terjadi atau tidaknya perubahan sesuai dengan yang diharapkan. bila terjadi perubahan yang lebih baik tidak perlu dilakukan perubahan lagi namun sebaliknya jika tidak terjadi perubahan harus dilakukan umpan balik terhadap treatment yang dilakukan agar diketahui masalah krusialnya dari mulai tahap diagnosis.
4. Tahap maintenance, dengan menjaga hasil yang telah didapat dari proses perubahan menuju perbaikan tersebut dapat dipertahankan sekaligus disempurnakan.
 sedangkan cara mengaplikasikan Pengembangan Organisasi dan Desain Organisasi sesuai contoh kasus tersebut sebagai berikut :
1. Tahap Diagnosis, pada tahap ini akan dilakukan penelitian mendalam tentang bagaimana desain organisasi yang dibuat untuk mengatasi masalah tersebut dan membuat konfigurasi desain organisasi yang akan digunakan dalam penelitian.
2. Tahap Intervensi, pada tahap ini akan dilakukan pengambilan tindakan berupa penentuan desain organisasi yang akan digunakan apakah menurut konfigurasi struktur sederhana, birokrasi mesin, divisional atau struktur matrik dan melakukan penempatan pegawai berdasarkan kompetensi dan analisis jabatan yang ada di Kabupaten Bangka. setelah dibentuk struktur baru, melakukan penempatan pegawai di dalam struktur tersebut dengan orang-orang yang tepat sesuai dengan kompetensinya masing-masing.
3. Tahap Evaluasi, pada tahap ini dilakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi yang diukur berdasarkan sejauh mana out put dan out come yang tercapai terhadap peningkatan pelayanan publik sedangkan untuk anggota organisasi dapat dievaluasi melalui sejauh mana tingkat kepuasan kerja yang didapat sehingga dapat secara maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan segala kemampuannya.
4. Tahap Maintenance, pada tahap ini menjaga hasil-hasil yang baik dari perubahan yang dilakukan dan terus berusaha untuk disempurnakan. apabila ada kekurangan segera untuk diperbaiki, namun jika kekurangan tersebut sangat fatal maka sebaiknya dilakukan diagnosis ulang.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Untuk Keluar dari Virtual Box

Penyimpulan Langsung

Kriteria Kuantitatif dan kriterian Kualitatif